Langkah 08 || ngomongin arti buku bagi dirisendiri



olaaa! 

Assalamualaikum.. hari ini gue baik-baik aja nih insyaallah.kalo kalian gimana? semoga sehat yaa aamiin..

hari ini gue mau bahas apa ya..hehe kaga pernah nyiapin materi gua tuhh hahahaha. gue mau bahas tentang buku aja deh! gue memang sering banget baca buku, buku apa deh..dengan pengecualian buku fisika eheheh gak banget tuhh buku padahal jurusan gue Pendidikan Fisika yaa gimanaaa yaaa? canda fisika ✌️ back to the topic! karena gue keseringan baca buku. gue selalu request setiap gua lagi di mall untuk ke gramedia buat cari buku-buku yang sekiranya dari judulnya tuh daah menarik banget.. bukan mau beli tapi pen cari buku itu juga dengan harga yang lebih murah heheh soalnya kalo bukunya itu udah kaya 1 atau 2 tahun keluar pasti bakalan ada yang buku bekasnya kan.. maka dari itu bukannya gue pelit dengan ilmu ya kalo gua beli di gramedia memang gua akan dapetin buku-buku yang gue suka dengan terbitan terbaru tapi yang jadi masalah adalah harganya mungkin wajar untuk buku itu tapi untuk yang jualan buku di kwitang atau pasar senen satu buku bekas dengan judul yang sama dengan sampul yang sama masih rapihnya, yang orisinalitasnya sama dengan satu kekurangan buku itu bekas dia bisa jual dengan harga 20-30 rb perharinya mungkin bisa ngasih anak istrinya makan hari itu karena menurut gua gak ada bedanya mau buku itu baru atau bekas, yang terpenting adalah ilmunya karena gak pernah ada ilmu bekas.

ngomongin soal baca buku gue pribadi mungkin gak terlalu hebat dalam menghatamkan sebuah buku tapi gue punya satu program untuk diri gue yaitu 20-30 buku pertahunnya. terlihat sedikit mungkin bagi kalian. tapi gue memulainya dari 2-4 buku pertahun, dan setiap tahun gue berusaha meninggkatkan bacaan buku gue sekitar 5-10 buku pertahunnya sebagai hadiah buat diri gue karena gue dah berhasil menyelesaikan misi. oiya just info nih yaa.. kalian tau gak si berapa rata-rata buku yang dapat dibaca oleh warga Indonesia pertahunnya? let me tell you! gue pernah baca artikel dari salah satu website gue lupa namanya tapi kalo ga salah tingkat minat baca warga indonesia sekitar 2-3 buku pertahun. dan jumlah ini masih kalah dengan tetangga kita Malaysia dan Singapura sekitar 10-20 buku pertahunnya. sebagai contoh aja ya gue ambil data yang dikeluarin sama World’s Most Literate Nations Ranked website Kementrian Komunikasi dan Infomatika.






see.. 
mau sampai kapan kita jadi generasi yang apatis sama budaya membaca. gue sadar gue bukanlah orang dengan ilmu yang segudang, tapi menurut gue memang penting untuk menjadi negara yang maju atau minimal menjadi negara dengan sistem yang baik karena kalian liat kan sendiri hanya negara dengan sistem pendidikan dan negara majulah yang mampu berada dalam top rank. jadi kalau gue boleh simpulkan membaca adalah kunci sukses sebuah negara.

Popular Posts