Langkah 03 || MAKNA IDUL FITRI


MAKNA IDUL FITRI

Idul Fitri selalu bisa menjadi kata yang paling disukai, paling ditunggu-tunggu kehadirannya, gua yakin pasti banyak diantara lo semua yang menjadikan Idul Fitri sebagai momen yang spesial. biasanya sih kebanyakan orang ngegunain waktu idul fitri ini sebagai waktu yang tepat buat saling maaf-maafan,atau lainnya?.

bagi gue idul fitri bukan cuman sekadar sebagai momen yang tepat untuk kita saling maaf-memaafkan, kumpul bareng keluarga dan orang-orang terkasih. Makna idul fitri menurut gue lebih dari sekadar itu, buat gue idul fitri adalah tentang bagaimana gua melihat kebelakang, mengevaluasi kegiatan gua selama satu bulan ramadhan ini, tentang gimana gua beribadah kepada Allah, tentang bagaimana gua menjalankan puasa (apa udah bener atau belom..), tentang akhlak gua selama bulan puasa ini (apakah  ada yang harus gue perbaiki atau di pertahankan), tentang tugas-tugas gue selama bulan puasa ini (apakah sudah terlaksana dengan baik atau belom?) tugas yang gue maksud bukan tugas kuliah yah.. maksud gue tugas gue sebagai manusia yang sudah diberikan amanah sama Allah.

dari setelah mengevaluasi itu semua  gua bisa liat apakah gua sudah pentas meraih kemenangan dihari raya Idul Fitri atau belom? Kalau sudah maka gua akan merasa pantas meraih kemenangan dihari raya idul fitri, tapi kalau belom maka gua,harus memperbaiki kembali itu semua, supaya gua bisa merasa pantas mendaptkan kemenangan di hari raya Idul Fitri ini. tapi buat ngedapetin itu semua kita harus jujur sama diri kita sendiri.

dan ketika gue menjadikan Makna Idul Fitri sebagai sebuah kemenangan bukan berarti ini adalah perlombaan tingkat keimanan semua umat muslim yang ada diseluruh dunia ini, Tapi kemenangan yang gue maksud itu sebagai sebuah penghargaan buat diri buat diri kita sendiri supaya kita bisa lebih semangat lagi dalam beribadah. apalagi disaat-saat situasi kaya sekarang ini terjadi pandemi diseluruh dunia. Virus Corona lagi trending-trending topicnya, ngebuat kita harus diem dirumah aja, ibadah dirumah, kerja dirumah, ngampus dirumah, tugas seabrek-abrek (lah curcol haha). disaat situasi yang kaya gini harusnya menjadikan kita semakin rajin beribadah.

jadi ayo deh kita pastiin lagi apa sih makna idul fitri buat kita, jangan sampai kita jadiin idul fitri sebagai ajang buat saling menjatuhkan orang lain apalagi keluarga sendiri, gua sering banget nemuin ketika gua lagi dateng kesebuah open house, banyak banget keluarga yang saling merendah untuk meroket, pasti diawalin dengan " ah kalo si B mah gak sekeren si A, si B mah cuma mentri aja" kata-kata yang kaya gini nih yang merendah buat meroket padahal nih keluarga B tau kalo si A cuman karyawan yang pasti jauh dibawah B.

dan sumpah deh kata-kata yang kaya gitu tuh gak bisa banget untuk di pelihara, yang harusnnya dihari yang penuh rahmat itu kita bisa kembali lagi Fitri malah jadi nambah dosa. hiihhh jangan sampe deh, kita gak bisa mendapatkan keberkahan dan kebaikan di hari yang penuh rahmat itu.

yudah deh sekian dulu, semoga dibulan yang penuh rahmat ini doa kita dapat terkabul, corona cepet ilang, para tenaga medis di berikan kesehatan terus dan kita semua bisa beraktivitas normal kembali. Aamiin....

Popular Posts