Langkah 01



halo semuanya, Assalamualaikum....

             hari ini adalah hari paling santai setelah dari senin sampe Jumat di kampus bolak-balik terus Priok - kampus - Priok- kampus. sebenernya gua juga ada kelas belajar juga tiap Sabtu Minggu, tapi setiap kelar kelas gua selalu cabut ke Perpusnas sebagai tempat gua menghilang dari pandangan dunia sejenak, tempat itu adalah tempat yang paling gua suka selain tenang gua bisa menghilangkan penat saat gua perjalanan kesana, bahkan saat disana biarpun belajar gua gak merasa males gitu karena mungkin itu adalah belajar yang gua suka. karena ada pemandangan yang selalu gua suka, yaitu mandangin kota Jakarta  yang dari atas sana langit seakan akan ngegambarin kalo kabutnya itu adalah hasil dari helaan lelahnya warga ibukota.

           hari ini gua keluar cukup sore menjelang Magrib dianter bokap ke halte deket rumah gua biar bisa jalan-jalan naek Trans Jakarta  udah menjadi kesemingguan gua kalo tiap Sabtu Minggu cabut buat beli buku disana gua selalu ngerasa excited seakan-akan ingin tinggal lama disana tempatnya yang nyaman, para penjualnya yang gua ngerasa kaya ketemu keluarga baru aja, buku-buku yang ngubah banyak banget perspektif gua dalam berbagai hal soal hidup.

           terus hari ini gua ketemu banyak orang meskipun hanya keluar sebentar buat ngilangin penat, dari ngobrol sama para pedagang buku, sampe tadi pas kerumah Nenek gua, gua banyak banget dapet percakapan hari ini dimana cukup ngajak buang capek gua, dari cerita si ibu-ibu yang udah pengen ngelarin S2 dia di UI yang karena dulu tuh mentok Propsal lucu deh soalnya dia bawa keluarga nya gitu anaknya lucu banget, cantik, persis kaya ibunya. Dengan keluarga yang harmonis dia yang pengen banget ngelarin S2 nya ngajarin gua buat jangan takut buat lanjutin belajarnya, dia yang agak ngiri sama temen-temennya yang sambil kerja, trus hamil, aja bisa ngelarin S2 nya. Akhirnya si Ibu yang gua gak tau entah namanya siapa? dia kekeh banget buat dapetin bahan-bahan ngelarin tambahan buat S2 nya selesai, setelah dari si Mpok dan ngobrol sama si Ibu yang pusing sama S2 nya, Gua selalu mampir ke toko bukunya Pak Syailendra. waktu dateng doi lagi asik beres-beresin bukunya sambil dengerin lagu rock yang gua gak tau judul dan Band nya siapa tapi gua tau liriknya,  pas kita lagi asik ngobrol dan gue sambil nyari-nyari buku.
        
            Pak Syailendra ceirta ke gua tentang ada anak Hukum UI yang udah pusing banget sama Skripsinya yang gak kelar-kelar di pembahasannya kalo gak salah itu berarti di Bab 2 deh sambil ngobrol gua dapet satu buku yang sangat menarik perhatian gua yaitu Pancasilaeconomics kalo gak salah.. yah berarti bener yakan... terus Pak Syailendra bilang kalo yang buku gua pengenin itu adalah buku yang si anak Hukum UI itu beli juga sebagai bahan skripsinya hihi agak ngakak si pas denger itu karena hari ini ada 3 orang yang pusing sama skripsiannya.

           kenapa gua bilang ada 3 karena satunya lagi bapak gua doi kemaren baru aja Tesis S2 nya dapet tanda tangan dari dosennya gua tapi dia pusing karena setelah sidang ada yang namanya acara sidang dimana itu bikin dia pusing sekaligus deg-degan.
        
            pulang dari toko buku gua langsung ke halte buat naek trans jakarta lagi buat pulang sebelum itu gua haus banget dan akhirnya gua minum dulu deh di tukang es keliling, pas minum gua nanya-nanya aja banyak hal kerena ke kepoan dan kebawelan gua asal aja gua nyeplos "bang dagang dah lama bang?" terus dengan ke baikan hati abangnya dia jawab tuh pertanya demi pertanyaan gua bisa di tarik kesimpulan kalo si abangnnya dah lama dagang jadi asongan, setiap senin-jumat doi kerja di kantor tau dah bagian ape ? nah tiap sabtu minggu doi jualan dah tuh, sehari dia biasa abis 4-5 galon tapinya galon kecil, nah pendapatan dia itu cukup buat nge biayain keluarganya dikampung.

             karena anaknya sekolah di MTs akhirnya uang yang sebenernya cukup buat hidupin keluarganya malah jadi pas-pas-an gitu trus gua tanya dah apa cuman sekolah MTs yang biayanya mahal? tapi abangnya bilang gak karena semua sekolah di kampung biar negri/swasta itu sama aja bayar-bayar juga.. belom lagi kalo ada keluarganya yang lagi sakit dia bilang belum lama mertuanya sakit diabetesnya kambuh yah dia harus kerja 3-4 kali lipat buat ngebiayain keluarganya yang lagi sakit, istrinya adalah pembatik borongan gitu bareng mertuanya tapi kan itu gak sering jarang banget dia bilang gitu katanya itu gak cukup bahkan buat bayarin BPJS yang sempet bikin keluarganya susah karena harganya yang selangit dah dia harus tutup BPJSnya karena terus-terusan dikejar sama petugas BPJSnya..

              terus gak lama kemudian karena gua yang tadinya lagi ngobrol cuman sama abang tukang es, malah jadi rame tuh nimbrung juga tukang Bakso Malang, ama abang Siomay, gak lama dateng deh ibu-ibu pake kerung coklat beli es trus bangku yang tadinya dikasih abang bakso malang ke gua, jadi gua kasih buat si ibu biar dia bisa minum sambil duduk. Dengan pede gua tanya "bu baru pulang kerja? " terus karena keengggak enakan hati ibunya dia jawab iya tuhh ternyata dia itu tukang mandiin Jenazah dia itu harus kerja sampe malem buat dapet uang lemburnya sambil agak sedikit curcol si ibu bilang "yah neng ibu mah harus kerja sampe malem supaya dapet uang lembur, coba yang pada udah PNS dia mah enak-enak aja jam setengah 3 udah balik, terus kalo kerjaan dia belom selesai ibu ama temen-temen yang bukan PNS yang harus ngerjain "

              agak sedih sebenernya ngedenger kisah dua orang itu gua yang Mak babeh gua adalah orang yang kerjaannya sebagai Guru mereka juga harus mencari pekerjaan lain demi dapur terus bisa ngebul, 1 hal yang bikin gua percaya sampe hari ini satu pekerjaan dengan gaji yang gak seberapa tapi kalau kita ngelakoninnya dengan ikhlas, dan hanya berharap Ridho Allah gua yakin bahwa nikmat kita akan ditambah..

cerita si Ibu UI dan anak Hukum UI yang sama-sama lagi mentok sama bahan Tesis dan Skripsinya ngajarin gua untuk terus berusaha dan jangan takut, terus cerita si abang tukang es sama si Ibu pemandi Jenazah ngajarin gua giman caranya buat untuk terus ikhlas, sabar, dan tawakal dalam ngejalanin apa yang ada dan ngingetin gua bagaimana orang tua gua bekerja demi gua, adek gua dan keluarga.

dari situ banyak banget cerita yang ngebekas di hati dan ingatan gua, kebahagiann itu yang akan selamanya gua kenang...

Popular Posts